Kamis, 09 Agustus 2018

Manfaat Tankos Sebagai Pupuk Organik


Tandan kosong merupakan produk samping (by-product) yang dihasilkan PKS dalam bentuk padatan sekitar 21% dari TBS yang di olah. Tandan kosong harus telah diaplikasi dalam kurun waktu 6 hari ke lapangan untuk mengurangi kehilangan haranya. Kandungan unsur hara di TKS cepat merosot/menurun pada penumpukan yang lambat waktu diaplikasi, akibatnya manfaat menggunakan TKS tidak tercapai (maksimal).

Manfaat :

  • Manfaat dari aspek kimia tanah, sumber hara tanaman dan bahan  organik tanah
  • Manfaat dari aspek biologi tanah, media tumbuh bagi mikroganisme mampu merangsang pertumbuhan akar-akar baru tanaman
  • Manfaat fisik tanah, media konservasi tanah guna mencegah resiko erosi dan meningkatkan kemampuan menyimpan air tanah (water holding capacity)
Tankos berpotensi sebagai pupuk karena mengandung unsur hara yang cukup tinggi, memiliki kandungan unsur Nitrogen 1,5%, fosfat 0,5%, kalium 7,3% dan magnesium 0,9%, Tandan kosong dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanaman kelapa sawit baik langsung maupun tidak langsung. Pamanfaatan secara langsung adalah dengan menggunakan tankos yang ditebar langsung di daerah piringan maupun gawangan, sedangkan scara tidak langsung harus melalui proses pengkomposan terlebih dahulu.

Aplikasi Tankos Secara Langsung

Aplikasi tankos secara langsung dapat dilakukan dengan dua cara yakni, dengan menebar secara langsung pada di sekitar piringan (0-2 meter) dari batang, dan cara yang kedua dengan diserakkan di jalur antar tanaman dalam satu baris tanaman, yaitu pada gawangan mati (tempat peletakan/ penyusunan pelepah hasil pruning)

 Dosis

Pemberian tankos pada tanaman diberikan secara langsung kepada tanaman dengan dosis 400-450 kg  per pokok  pertahun, dengan rotasi per semester (6 bulan), dari aplikasi tankos tersebut penggunaan pupuk kimia yang biasa digunakan dapat dikurangi dari segi dosis maupun penggunaannya, dan dengan memanfaatkan unsur hara yang terdapat dalam tankos penggunaan pupuk MOP/Kcl dan Dolomit dapat dihilangkan, serta penggunaan pupuk TSP dalam satu tahun dapat menjadi setengahnya tanpa mengurangi produksi, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemeliharaan kelapa sawit (pemupukan) bisa dikurangi.

Fungsi Lain Tankos

Tankos mempunyai fungsi lain selain sebagai pupuk bagi tanaman kelapa sawit, juga mempunyai fungsi dalam menyerap dan menahan air, sehingga dapat mempertahankan kelembaban tanah, sehingga dengan terjaganya kelembaban tanah maka ketersediaan air bagi tanaman kelapa sawit tetap ada, dan proses pertumbuhan akar tetap baik.

Waktu Aplikasi
Tandan kosong harus telah diaplikasi dalam kurun waktu 6 hari ke lapangan untuk mengurangi kehilangan haranya. Kandungan unsur hara di TKS cepat merosot/menurun pada penumpukan yang lambat waktu diaplikasi, akibatnya manfaat menggunakan TKS tidak tercapai (maksimal)

Permasalahan

Salah satu kendala pemanfaatan tankos sebagai pupuk bagi tanaman kelapa sawit secara langsung adalah biaya transportasi angkut tankos dari PKS ke lapangan, apabila letak kebun cukup jauh dari PKS, dan bentuk perkebunan berbukit dan teras kontur.

Tabel Unsur Hara Tandan Kosong

Hara Satuan Kisaran Rerata
N Nitrogen % 0,64-0,93 0,9
P2O Phosphorus % 0,160-0,318 0,11
K2O Kalium,potassium % 1,93-4,03 2,4
MgO Magnesium % 0,17-0,28 0,17
CaO Kalsium,calsium % 0,23-0,41 0,27
Cl Khlor % 0,44
Mn Mangan ppm 24,75
B Boron ppm 12,94
Zn Seng,zinc ppm 22-50 37,72
Cu Copper ppm 43-83 53,14
Fe Besi, ferrum ppm 158-1128 275,36

Sumber : Alfred Pahala Manumbangtua dan Noli L Barri dalam Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar yang sifatnya membangun