Minggu, 11 Maret 2018

Turnera ulmifolia


Turnera ulmifolia atau Bunga pukul delapan dan masih dalam satu rumpun Turnera Subulata, yang memiliki nama daerah (Jw) ilat kucing  atau  lidah kucing adalah family Turneraceae yang berasal dari Meksiko dan Hindia barat . Sekarang  bunga ini sudah menyebar keseluruh dunia, di Indonesia Bunga pukul delapan  banyak dijumpai di daerah Jawa, Sumatra, Madura dan Kalimantan. Bunga pukul delapan atau Turnera ulmifolia merupakan tanaman yang umumnya tumbuh liar di  tanah yang terlantar, di ladang, di tanah pemakaman, dan di daerah berpasir  yang kering dan banyak mendapatkan cahaya matahari.  

Bunga pukul delapan atau Turnera ulmifolia  merupakan herba tegak berkayu yang tingginya ± 30 – 150 cm,  umumnya bunga mekar pada ± pukul 05.00  pagi hingga pukul 12.00 siang . Turnera ulmifolia   memiliki nama umum  Indian holly, Sage rose, Holly rose.
Tersebut seperti Turnera subulata, maka Turnera ulmifolia yang di tanam di perkebunan kelapa sawit adalah edia untuk menyediakan makanan bagi imago parasitoid , Euphorbia heterophylla, Cassia tora, Boreria lata dan Elephantopus tomentosus. Oleh karena itu, tanaman-tanaman tersebut hendaknya tetap ditanam dan jangan dimusnahkan, juga melaporkan bahwa adanya penutup tanah dapat mengurangi populasi ulat api karena populasi musuh alami akan meningkat.

Kuncup bunga pada Turnera umlifolia atau  bunga pukul delapan tumbuh pada ketiak daun , dan memiliki 2 buah daun pelindung yang berbentuk lancet. Bunga dari Turnera umlifolia atau lidah kucing merupakan bunga tunggal berkelamin ganda ; memiliki 5 helai mahkota bunga yang lepas ,  berbentuk bulat telur terbalik ;  berwarna kuning cerah. Benang sari berjumlah 5 buah sedangkan tangkai putik sebanyak 3 buah yang berbentuk seperti sikat

Daun dari Turnera ulifolia merupakan daun tunggal ;   berbentuk lancet ; tepi daun bergerigi kasar ; pertulangan daun menyirip  ; daun tumbuh di bagian ujung tumbuhan ; pangkal daun meninggalkan bekas yang disebut “Knoplike” 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar yang sifatnya membangun