Minggu, 04 Februari 2018

Unsur Hara


Tanaman, seperti halnya makhluk hidup lainnya memerlukan nutrisi yang cukup memadai dan seimbang agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.  Nutris bagi tanaman sering juga disebut unsur hara dan merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan sebuah tanaman, baik unsur hara dari alam (organik) muapun unsur hara yang sengaja ditambahkan. Demi kelangsungan pertumbuhannya, maka tanaman pun tetap memerlukan nutrisi seperti mahkluk hidup yang lainnya.

Unsur hara ini sangat penting karena juga menjadi faktor penentu untuk kualitas tanaman, sepeti pertumbuhan, perkembangan maupun produktifitasnya nanti. Sebenarnya untuk kebutuhan unsur hara tanaman ini sudah disediakan oleh alam, akan tetapi jumlahnya yang terbatas membuat seseorang harus menambahkan agar tanaman bisa tumbuh optimal.

Untuk menunjang pertumbuhannya, sedikitnya ada sekitar 16 jenis unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, tiga diantaranya tersedia di udara dan juga air, yakni oksigen (02), Hidrogen (H) dan juga Karbon (C). secara garis besar, unsur hara ini dibedakan menjadi 2 jenis, yakni Unsur Hara Makro dan juga Unsur Hara Mikro

Pada dasarnya, saat kita hendak melakukan kegiatan budidaya tanaman, tanaman apapun jenisnya, sangat diperlukan pengetahuan mengenai apa saja jenis-jenis nutrisi atau unsur-unsur hara apa saja yang dibutuhkan tanaman yang kita budidayakan.

Pengetahuan ini setidaknya dibutuhkan pada saat pemberian pupuk agar tepat dan seimbang, karena baik berlebih unsur hara atau kekurangan unsur hara dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak optimal.  Pengetahuan ini pun perlu pada saat mengamati proses pertumbuhan tanaman.  Apabila pertumbuhan tanaman tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita dapat melakukan evaluasi dan tindakan yang cukup tepat sebelum semuanya terlambat.

Secara garis besar, tanaman atau tumbuhan memerlukan 2 (dua) jenis unsur hara untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.  Dua jenis unsur hara tersebut disebut Unsur Hara Makro dan Unsur Hara Mikro.

KEKURANGAN UNSUR HARA PADA TANAMAN
Defisiensi atau kahat unsur hara adalah kekurangan meterial (bahan) yang berupa makanan bagi tanaman untuk melangsungkan hidupnya. Kebutuhan tanaman akan unsur hara berbeda-beda tergantung dari jenis tanamannya, ada jenis tanaman yang rakus makanan dan adapula yang biasa saja. Jika unsur hara dalam tanah tidak tersedia maka pertumbuhan tanaman akan terhambat dan produksinya menurun. Kita sebagai petani tidak mungkin mengecek kandungan hara tanah setiap saat untuk mengetahui ketersediaan unsur hara tersebut, salah satu upayanya adalah dengan mengetahui gejala defisiensi unsur hara pada tanaman.

Pada bahasan lanjutan akan dibahas kekurangan unsur hara pada tanaman kelapa sawit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar yang sifatnya membangun